Monday, May 26, 2008

Tutorial CATIA : Merakit Mesin Torak (seri 1)

Tutorial CATIA : Merakit Mesin Torak
(seri 1)







Pada tutorial ini kita akan belajar membuat sebuah “assembly system” dari mekanisme sederhana mesin bakar. Di dalam system assembly ini akan terdiri dari empat (4) part:
1. Cylinder (silinder)
2. Piston (torak)
3. Connecting Rod (batang penghubung)
4. Crank Shaft (poros engkol)


Tutorial ini akan terdiri dari beberapa seri pada bagian pertama kita akan membuat part – part tersebut (modul part design), dilanjutkan dengan merakit part tersebut (modul assembly design) dan yang terakhir kita akan menggerakkan system assembly tersebut berdasarkan derajat kebebasan (degree of freedom / DOF) yang akan kita tentukan (modul DMU Kinematics).

Setelah mengikuti tutorial ini di harapkan, pembelajar dapat memahami:
1. modul part design
2. modul assembly design
3. modul DMU kinematics (digital mock up)


Sebelum download file, mohon mengisi “buku absen” dengan cara menulis namamu di bagian “komentar”, makasih


silakan download file PDF di sini

48 comments:

Anonymous said...

Horeee.. aku nomer siji.

Anonymous said...

Aku coba deh tutorialnya..!!

Anonymous said...

bagus nih
aku nomer telu!!!

Anonymous said...

tima kasehhh...adi

Iklase said...

mau ikutan download nih..
makasih ya...

Anonymous said...

mo ikutan download nih...
makasih ya....

Anonymous said...

nama saya adalah fauzi dan saya adalah student dr malaysia, dan amat berminat untuk mengetahui cad/cam mengenai piston,saya berkehendakkan lukisan piston untuk membantu saya membangunkan projek eksperimen di makmal aerodinamik. Di sini saya memeberikan email saya(eureka_sedna@yahoo.co.uk) untuk komunikasi seterusnya, Di harap anda dapat memberikan email - anda juga , terima kasih

Unknown said...

Greats Wonderful. mustokam@yahoo.com

Anonymous said...

wah-wah... makasih ya Pak!! :)

Anonymous said...

Bener bener helpful
Tq

Arya

Anonymous said...

Thank mas fikri bahan-bahannya yg sangat bermanfaat.

suhayatna said...

Assalamualaikum,

Saya mohon ijin untuk download,
Zajakumullohu khoeron katsiron, Amin

radupa said...

numpang sedot ya. makasih banyak tutorialnya,,

taufek said...

saya Taufek dari Universiti Industri Selangor,(Unisel), Malaysia. Jutaan terima kasih, blog Encik Agus Fikri Rosjadi banyak membantu saya disini. saya akan manfaatkan ilmu yg berguna ini kepada pelajar-pelajar UNISEL dan rakan2 designer. tutorial anda jelas dan mudah difahami. Di sini saya memeberikan email saya(mytaufex@yahoo.com / taufekyusof@unisel.edu.my) untuk komunikasi seterusnya. semoga blog anda mendapat berkat dari ALLAH swt..

noe'sbolg said...

mas punya ilmmuakasih ya

Agustiar said...

AKHIRNYA KETEMU JUGA THANKS...

Unknown said...

pengenbelajar tp bnyk kesulitn mhon bantuannya?

Achmat Taufik said...

thanks

Muhd Zuhairi said...

assalamualaikum w.b.t
terima kasih di atas usaha anda untuk menerbitkan ilmu seperti ini..harapnya ilmu ini dapat saya guna untuk tingkatkan skill saya dalam catia

Anonymous said...

ku cb yaa,thank,s

agoes said...

PAk agus....suwun sebelumnya...
saya lg pengin banget bisa program catia...untuk pendukung kerja aku...ya....

Anonymous said...

tengkyu banget tutorialnya boss...

Anonymous said...

Thanks banget Tutorialnya Man..

r1210g said...

Terimakasih tutorialnya pak..
Saya sangat terbantu..

r1210g said...

Terimakasih pak..
Sangat membantu banget..

dan8205 said...

terima kasih, kebetulan saya msh pemula

onnaji said...

sangat bermanfaat bagi yang ingin belajar! terima kasih sudah berbagi di dalam blog ini!

Unknown said...

Excellent, terima kasih gan,
Barokalloh.

Anonymous said...

WAW... terima kasih gan,
semoga selalu di beri kemudahan..amiiien

Anonymous said...

Ijin Download n makasih Gan tutorialnya,helpful bnget...GBU.

Fatkhur said...

terima kasih tutorialnya, sangat membantu sekali.

Unknown said...

syukron ya

Unknown said...

makasih banyak ya

ijin download

fajarjawari said...

ijin donlot kang...
banyak banget tutorialnya.
mulai dari mana ya.....? :D
pertama banget buka catia, gtw harus ngapain akhirnya surfing deh ke blognya akang ini....hatur nuhun kang.

Unknown said...

izin donlot dan pake tutorialnya yaa...GBU

Unknown said...

izin donlot ma pk tutorialnya..suksess GBU

Keep in Potention said...

trims buat kesempatannya diijinkan download, semoga agan tambah ilmu dan tambah manfaatnya.... amiienn

Unknown said...

Izin donlot pak..

Unknown said...

Terima kasih atas pelajarannya pak,sangat informatif sekali untuk saya yang baru pemula ini..

Anonymous said...

H.dayat

Ijin download
Trrimakasih sharenya

Pengguna Dell Latitude E5410 ingin Ubuntu said...

Dede Pujayadi
Jazakallohu khoirn

domas said...

ijin download

Anonymous said...

Mks atas ilmunya, izin download mas

Unknown said...

Mau donk....

Unknown said...

izin download mas, semoga berkah

Unknown said...

izin download mas, semoga berkah

Unknown said...

Tengkyuu

Unknown said...

Tengkyuu

Berbagi ilmu untuk kemajuan Bangsa Headline Animator

 Subscribe in a reader

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

View agus fikri's profile on LinkedIn