Monday, July 28, 2008

Tutorial SolidWorks : Analisa tegangan dengan COSMOSXpress (seri 1)


Tutorial SolidWorks : Analisa tegangan dengan COSMOSXpress (seri 1)


Pendahuluan
COSMOSXpress merupakan satu modul di dalam SolidWorks yang berguna untuk menganalisa tegangan (Stress Analysis) dari design yang kita buat. COSMOSXpress sendiri buatan dari Structural Research and Analysis Corp. Di software lain biasa di kenal Finite Element Method (FEM) atau Finite Element Analysis (FEA). Wizard di dalam COSMOSXpress akan menunjukkan tahap demi tahap bagaimana design kita akan bekerja di bawah kondisi tertentu. Ini akan menjawab pertanyaan sulit dari sisi engineering seperti:
1. Apakah part akan patah?
2. Bagaimanakah bentuk deformasi dari part?
3. Dapatkah saya menggunakan material yang optimum tanpa mempengaruhi unjuk kerjanya?
Design yang optimum akan dapat bersaing di pasar karena penggunaan material yang sedikit sehingga harga jual rendah tanpa mengorbankan factor keamanan dari design tersebut.


Di akhir laporannya COSMOSXpress memberikan catatannya sebagai berikut:
Hasil analisa design COSMOSXpress adalah berdasarkan analisa statik linear dan material di anggap isotropic. Analisa statik linear menganggap bahwa:
1. Sifat material adalah linear memenuhi hukum Hooke.
2. Beban di terapkan secara perlahan dan mengabaikan efek dinamik.
Jangan mengandalkan keputusan design semata-mata berdasarkan data yang ditampilkan dari laporan ini. Gunakan informasi ini untuk membantu data ekperimental dan pengalaman praktis lainnya. Test lapangan wajib dilakukan untuk mem validasi design akhirmu. COSMOSXpress membantumu untuk mengurangi ”time-to-market” dengan mengurangi (tapi tidak meniadakan) test lapangan.

Contoh Soal:
Tentukan diameter minimum sebuah Lever/ Tuas sepanjang 80 cm/800mm, yang mampu meneruskan gaya 100 N, material Alloy Steel, dengan factor keamanan (factor of safety/FOS) = 5, defleksi maksimum tidak ditentukan.


Silakan download file PDF di sini

No comments: