Monday, April 26, 2010

Beberapa penjelasan berkaitan dengan tutorial CosmosXpress / SimulationXpress

tulisan ini untuk menaggapi beberapa pertanyaan dari saudara Aziz di bandung.

e-mail nya sebagai berikut:

Mohon bantuannya bapak mengenai Simulation Express Solidworks 2009 ....

Dalam tutorial anda mengenai CosmosExpress, analisa tegangan pada batang silinder, pada hasil analisa solidworks terdapat istilah FOS atau factor of safety... dan didapatkan nilai 3.63664 .... pertanyaan saya adala

  1. Apakah maksud angka trsebut, apakah punya satuan??
  2. Bp. Agus jga mensyaratkan nilai FOS adalah 5 ... kenapa harus angka 5 nilai FOSnya...karena jika mengaplikasi material lain tentunya nilai FOS yang didapat akan berbeda..
  3. Bagaimana menentukan besarnya F agar batang silinder tidak sampai patah atau tidak sampai bengkok.... ( Berapa F maximum yang di izinkan ? ) .....

Jawab:

Di SolidWorks 2005, modul ini dinamakan CosmosXpress, di SolidWork 2009 berganti nama dengan Simulation Xpress.

1. Untuk lebih jelasnya mengenai Factor of safety, bisa rekan-rekan baca sebuah artikel bagus yang ditulis Bapak Gadang Priyotomo di sini . angka FOS tidak punya satuan. beberapa penjelasan dari menu Help di solidworks. kode standard engineering pada umumnya memerlukan FOS 1,5 atau lebih. SolidWorks menggunakan kriteria tegangan Von Mises (Von Mises Stres Criterion). Kriteria ini menyatakan bahwa bahan elastis mulai “yield” ketika equivalent stress (von Mises stress) mencapai yield strength dari material. yield strength didefinisikan dari Property material. Solidworks akan menghitung factor of safety di suatu titik dengan membagi yield strength dengan equivalent stress pada titik tersebut.

2. Angka 5 yang ambil dalam tutorial hanyalah contoh design, angka sesungguhnya mengikuti standard engineering yang diikuti dan dari pengalaman.

3.contoh kasus yang ambil untuk tutorial tersebut adalah besarnya gaya, FOS, jenis material dan bentuk part sudah ditentukan, designer tinggal menentukan diameter tuas yang optimum untuk memenuhi semua pernyaratan design.

semoga membantu, jika ada kesalahan silakan dikoreksi.

jika ada tambahan silakan tulis di comment.

No comments: