Tuesday, June 15, 2010

Tutorial SolidWorks 2009 - Convert Entities


Silakan download file tutorial disini.
kutipan teks:

Convert Entities

3 Rajab 1431.

Tutorial SolidWorks 2009

Convert Entities digunakan untuk membuat kurva didalam sebuah sketch dengan cara memproyeksikan sebuah rusuk (edge) / sisi (face) / kurva / kontur sketch / serangkaian rusuk (edge) / serangkaian kurva sketch ke dalam bidang sketch.

Dalam tutorial ini tool Convert Entities akan digunakan untuk membuat alat pembengkok pipa/tube. Tool Convert Entities akan dipakai sebagai sketch untuk path di fitur Swept Cut.

1. Buka SolidWorks, File > New > part

2. Kita buat sketch dengan plane Front seperti pada gambar dibawah ini.

3. Exit Sketch , klik Tab Features > pilih fitur Extruded Boss/Base , untuk end Condition = Mid Plane, depth = 20mm. Klik OK .

4. Fitur Sweep membutuhkan 2 sketch, satu sebagai Path dan satunya sebagai Profile. Kita akan membuat sketch untuk path terlebih dahulu. Buat sketch dengan plane di Front . Kita akan memilih semua kurva dibagian atas (tekan tombol Ctrl untuk memilih objek lebih dari satu).

5. Tekan tombol Convert Entities , semua objek yang telah di pilih sebelumnya akan diproyeksikan ke dalam Front Plane dan berubah menjadi entitas sketch.

6. Tekan tombol Trim Entities , pilih Power Trim untuk memperpanjang ujung-ujung sketch. Mouse klik kiri diujung entitas sketch yang hendak di perpanjang, tarik (Drag) ujung tersebut.

7. Exit Sketch , kita akan membuat sketch untuk profile sweep, plane untuk sketch tersebut tegak lurus dengan salah satu ujung sketch untuk path. Di menu pulldown, klik Insert > Reference Geometry > Plane. Pilih Normal to, pilih garis dan titik seperti pada gambar dibawah.

8. Buat sketch dengan Plane yang baru saja dibuat. Klik tombol View > Normal To.

9. Buat lingkaran dengan pusat lingkaran di titik Origin.

10. Exit Sketch , Kita telah punya 2 sketch untuk fitur Sweep, klik Tab Features > pilih fitur Swept Cut , untuk Profile pilih lingkaran dan untuk Path pilih sketch memanjang,seperti pada gambar dibawah ini.

11. Hasilnya sebagai berikut (Plane untuk sketch Profile di Hide).

12. Selesai.

No comments: